Pesan Somba Opu yang Tak Terbaca

by tajamati

Salah satu situs sejarah di Sulawesi Selatan, Benteng Somba Opu, akan dibuatkan taman hiburan jenis Water Boom di dalam kompleksnya. Pembangunan sedang dilakukan saat ini. Kabar dari seorang teman mengatakan ini kebijakan pemerintah yang selanjutnya diserahkan ke swasta pengelolaannya.

Apa yang bisa kita maknai dari sebuah situs sejarah. Generasi hari ini apakah memang harus putus dari sebuah masa lalu. Apakah pemimpin sekarang tak ingin merindukan kisah-kisah nenek moyang mereka. Situs sejarah adalah media bagi kita yang hidup saat ini. Sebuah pesan yang ingin dikabarkan nenek moyang kepada cucu-cucunya.

Bagaimana kita akan menjaga sebuah hikmah jika kita tak pedulikannya. Benteng Somba Opu menjadi pesan kebijakan dari mereka yang telah merasai kehidupan lebih dulu. Dengarlah bagaimana patriot rakyat dan rajanya melawan penjajah yang memaksakan kehendaknya di bumi kita. sekarang di tempat itu pemimpin kita ingin membuat seluncuran air, yang kabarnya juga warisan kapitalis itu.

Apakah kita begitu angkuh dengan nilai-nilai yang menyejarah. Ataukah pemimpin kita tak bisa membaca pesan-pesan itu. Jika tak bisa, serahkan saja kuasa untuk mereka yang bisa memaknai sejarah.

Untuk mereka yang beraksi menentang, semangat!

Advertisements